Pages

Saturday, October 3, 2020

Menjaga Asa di Tengah Dunia yang Tidak Baik Baik Saja

Seorang editor sebuah penerbit aplikasi dalam whatsApp Story tengah mencemaskan sesuatu. Pada suatu ketika aku melihatnya. Ia tidak tahu harus bertenggang rasa dengan cara apa pada lingkaran pertemanannya. Ia bingung. Dalam unggahannya ia menceritakan, "banyak dari circle pertemananku yang harus di PHK di tengah pandemi."

Kemudian dia menyemangatinya, bahwa apa yang sedang orang-orang ini perjuangkan pasti akan berbuah manis. Sebuah kalimat pencambuk untuk orang-orang itu. Bahwa keadaan memang sedang tak baik-baik saja. 

Dalam slide selanjutnya, sang editor melanjutkan untuk orang-orang yang hari ini beruntung jalan hidupnya. "Untuk kalian yang hari ini masih bisa kerja dan makan : syukuri, nikmati, berbagi dan mawas diri"

Sebuah alarm reminder yang pada saat itu untuk diriku sendiri. 

Ketakutan kita juga langsung ditempeleng bahwa pada awal bulan Oktober ini, Indonesia sudah berada dalam jurang resesi. Bank dunia memprediksi goncangan ekonomi berkisar di angka 2 persen. 

Membangkitkan kembali gairah ekonomi memang hal yang sulit. Ini menampar siapa saja. Aku pun juga. 

Sementara itu yang aku lakukan di dua bulan terakhir ini sudah diliputi rasa malas, entah kenapa. Kemudian memikirkan peningkatan skill dalam diriku untuk belajar data science, mumpung masih muda-single-dan-belum menikah, so why not. 

Segala hal keegoisan itu mendadak menampar logikaku. Oh oke, masih banyak orang yang tidak seberuntung kita. Apa yang harus kita kerjakan. Kalau ada ruang-ruang berbagi di sana. Ayo manfaatkan. Untuk apa, di momen ini banyak tangan yang harus teraih dan tergapai. 

Adanya pandemi atau tidaknya, sebenarnya status sosial, ketidaksetaraan, dan konflik-konflik kelas memang selalu ada. 

Menjaga ruang sesempit apapun yang bisa kita raih, kenapa nggak. Ekspektasi pandemi ini akan berakhir segera, sepertinya butuh waktu panjang. Tapi, percaya bahwa setelah ada kesulitan pasti ada kemudahan adalah secercah harapan yang harus kita jaga asanya.

**

03/10/2020
selamat datang oktober yang membuatku tertantang untuk menulis sepanjang waktu, hahaha

Menjaga Asa


No comments:

Post a Comment