Raih mimpimu!!! Sekarang.

8:13 PM

nabila chafa said today:


Catching dream

Oleh: Nabila Nurul Chasanati
Waktu bergulir setiap hari. Setiap detik. Setiap menit. Bahkan akan berujung dengan pergantian tahun. Tetapi kesannya bahwa hidup ini hanya mengikuti aliran air. Menurut pada sang matahari pagi. Hanya bergumul dengan waktu dan jam yang sama. Tidak adanya aktifitas yang menghasilkan dan berproduktif. Inilah hakikatnya hidup yang kita jalani. Hanya sebatas mengalir. Dari pagi sampai tenggelamnya senja.
Masalah utamanya adalah kegalauan yang tak berujung. Masihkah jaman galau di era sekarang ini?? Banyak pilihan hidup yang mewajibkan kita memilih satu dari sekian banyak pilihan yang disodorkan. Ini memang tidak masuk akal. Tapi satu pilihan itu mampu menjawab berbagai ragam pertanyaan akan keeksistensi diri kita pribadi. Hanya orang malas yang masih merisaukan masalah masa depan mereka sendiri tanpa disertai sebuah action. Seakan masa depan yang tak terlihat itu bisa dijadikan factor kegalauan anak remaja saat ini. Bukan waktunya untuk menyalahkan diri sendiri karena ketidaksiapan kita dalam menghadapi persaingan yang ada. Semakin majunya jaman semakin kuat pula persaingan yang ditawarkan. Contohnya lapangan pekerjaan. Banyak orang berpikir, kalau ambil ilmu sejarah, mau jadi apa besok? Itukah yang sedang menjadi trend topic kegalauan seorang mahasiswa? Justru inilah momentum yang tepat untuk memulai membuat rencana strategis dan memantapkan akan pilihan yang kita sudah ambil.
Action dan pembuatan target merupakan dua hal yang menjadi kunci dari semuanya. Tidak ada lagi berpangku tangan karena komitmen yang teguh sangat diperlukan dalam pencapaian target kita selanjutnya. Optimisme adalah suatu hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Karena langkah awal yang kita daki adalah dengan megsugestikan hal-hal positif pada diri kita sendiri untuk merasa mampu bisa menggapai apa yang kita impikan tersebut.
Tak lupa akan sebuah komitmen hidup yang sudah kita buat dalam hati kita sendiri-sendiri. Setiap orang pasti memiliki visi, misi bahkan tujuan dalam hidupnya. Cara untuk menggapainya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dikenal banyak kerja keras tak pantang menyerah untuk menggapainya. Apa yang kita lakukan saat ini menentukan apa yang akan kita dapatkan esok hari. Tapi tak akan bisa lepas dengan peran doa yang selalu kita panjatkan. Mengingat pembuat keputusan dalam hidup ini adalah Sang Kuasa.
Sebuah visi, misi dan tujuan hidup serta semua kemampuan yang kita miliki hanya berbuah sia-sia jika tidak bersinergi dengan karakter yang kuat pada diri kita sendiri. Karakter merupakan suatu prinsip yang sanggup kita jalani dan tetap berfokus pada satu tujuan. Bekerja tidak sesuai dengan fokus yang kita miliki, pasti sangat menyulitkan untuk berkembang. Kita berasa dipaksakan oleh kehendak yang kita tidak inginkan. Hal tersebut tidak baik bagi pola piker kita secara psikologis.
Tantangan yang dimiliki jika seseorang harus dihadapkan akan paksaan. Apalagi dengan orang tua. Orang yang terpenting yang tahu seluk beluk perilaku anaknya. Hal ini terlalu klise. Sampai saat ini banyak anak yang dijadikan korban akan keotoriteran orang tua dalam mendidik anaknya. Hal ini juga bisa menjadikan salah satu faktor ketidakfokusan seseorang dalam menggapai mimpinya. Pada dasarnya maksud dan tindakan yang diberikan orang tua itu baik. Mungkin peletakkan porsinya saja yang tidak tepat, sesuai dengan harapan si anak. Hal tersebut hanya masalah komunikasi saja antara kedua belah pihak. Penyelesaian berdasarkan musyawarah akan mencapai titik temu di kedua belah pihak.
Dari kesemuanya ini dibutuhkan ketotalitasan. Resep terbaik dari ketotalitasan adalah adanya semangat dan kegigihan untuk mendapatkan impian idaman. Meraih mimpi sekan menjadi berat untuk dilakukan. Karena tersadar bahwa mimpi yang kita bangun itu seakan tidak masuk akal atau bahkan sangat jauh dari jangkauan. Bangun dan ubah paradigma!! Semuanya akan terasa sangat ringan jika dibarengi dengan semangat yang sudah penulis paparkan diatas. Ingat visi misi tujuan hidup diberangi dengan tekad yang kuat, kegigihan, totalitas dan konsistensi serta factor X yang tak mungkin hilang dari sendi kehidupan kita, yaitu Sang Maha Kuasa.  Apa yang kita kerjakan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sebisaa-bisanya. Capaian tertinggi dari hidup kita harus dipasang berdasarkan target tertinggi. Sampai sulit untuk kita jangkau. Agar dengan mimpi tersebut, kita bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan apapun. Walaupun dapat tantangan seberat apapun, asalkan kita tidak kehilangan visi, misi, tujuan bahkan kemampuan, kita pasti akan diunggulkan untuk menjadi juaranya.
Jadi sekarang pertanyaannya adalah sudah siap dengan mimpi yang baru saja kamu bangun? Sudah sanggup untuk meraihnya? Mulai dari sekarang dan buktikan!
 

You Might Also Like

0 Comments