Peradaban Eropa Kuno

7:23 PM

Berikut merupakan resume dari mata kuliah Sejarah Eropa Klasik:

PERADABAN YUNANI KUNO

Peradaban bangsa Yunani meliputi kebudayaan Kreta, Polis, sistem kepercayaan, dan hasil-hasil kebudayaan. Peradaban Pulau Kreta memiliki kebudayaan tingkat tinggi. Kebudayaan ini dibangun akibat dari kekuatan maritime. Rakyatnya hidup di laut Aegae dan Laut Tengah bagian timur. Hasil kebudayaannya adalah arsitektur, seni patung, dan seni kerajinan. Sejarah pulau Kreta diketahui dari karya sastra berupa legenda dan mitologi karangan Homerus berjudul Illiad dan Odysseia. Di Knossus ditemukan reruntuhan istana yang berbentuk labirin. Struktur ruangan ini rumit sehingga menghalangi para penjahat masuk istana yang ingin menjarah kekayaan istana. Masyarakat Pulau Kreta mengenal seni lukis fresco, seni porselin, seni pahat pada gading dan seni kerajinan logam. Abad 15 SM, Pulau Kreta mengalami keruntuhan akibat dari bencana alam.

Yunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di Eropa. Peradaban ini lahir di lingkungan geografis yang sebenarnya tidak mendukung. Kehidupan masyarakatnya yang mendiami iklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang.

Yunani terdiri atas berbagai suku bangsa. Mereka mendiami wilayah yang bernama Negara kota atau bisa disebut polis. Di negara Yunani terdapat tiga polis besar dan kuat yaitu Athena, Sparta, dan Thebe. Dikarenakan kondisi geografis Yunani yang bergunung-gunung menyebabkan kasatuan unit politik antara kota-kota tersebut terpisah. Keberadaan polis-polis di Yunani mengakibatkan mereka saling bersaing untuk merebutkan hegemoni dan kekuasaan atas wilayah yunani. Tetapi ketika datang bangsa Persia yang akan menginvasi daerah Yunani, polis-polis yang berada di Yunani bersatu terutama Sparta dan Athena. 

Yunani memiliki sistem desentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahannya sendiri. Kepercayaan bangsa Yunani kuno adalah Politeisme dimana dewa tertingginya adalah Dewa Zeus yang merupakan lambang kesusilaan, pelindung, dan pencipta keadilan. Polis Athena melahirkan banyak ahli pikir yang mewariskan pengetahuan bagi manusia.

Akhir kejayaan Yunani berakhir dengan terjadinya perang Peloponesos yaitu persekutuan antar polis yang memiliki pengaruh bagi politik dan ekonomi Yunani. Selain itu bencana lain yang dialami adalah munculnya wabah penyakit akibat buruknya sanitasi sehingga menyebabkan kematian seeperempat dari penduduk Athena. Disusul dengan kematian Perikles yang menyebabkan lemahnya kepemimpinan Athena. Tahun 404 SM terjadi perang saudara yang juga mengakibatkan rapuhnya pertahanan Yunani untuk menghadapi ancaman dari luar yaitu berupa penaklukan oleh Raja Makedonia. Sehingga dengan mudah pada tahun 338 SM, Raja Philipus dari Makedonia menaklukan Yunani.


PERADABAN ROMAWI  KUNO

Peradaban Romawi Kuno diawali dengan lahirnya Kota Roma. Perkembangan Romawi dipengaruhi oleh keadaan geogrofisnya. Lokasinya strategis di kawasan laut Tengah yang cocok untuk perdagangan, aman dari serbuan bangsa asing karena terlindung oleh alam. Orang-orang Italia terdiri atas banyak suku yang masing-masing memiliki bahasa dan kebudayaan tersendiri. Masyarakatnya hidup dari sektor pertanian serta perdagangan dan pelayaran. Mereka mengekspor keramik, barang-barang  dari besi dan perunggu dan kayu serta minuman sejenis anggur. Adapun barang impor antara lain sutera dari Cina, rempah-rempah dari Indonesia, katun dan mutiara dari India. Bangsa Romawi juga memiliki kemampuan yang tinggi dalam pengolahan logam, penggunaan batu untuk bangunan, teknik lengkung serta teknik pengeringan rawa.

Sistem pemerintahan Romawi dimulai dengan berbentuk kerajaan (monarki) dengan raja pertamanya adalah Romulus. Sistem Monarki ini hanya berlangsung pada tahun 750 SM sampai 500 SM. Penguasa Romawi yang merupakan pendatang, tidak dapat diterima oleh penduduk asli yang pada akhirnya mereka digulingkan.

Sebagai ganti sistem monarki maka diberlakukan sistem Republik. Pada masa Republik Romawi pembagian penduduk didasarkan atas dua golongan, yaitu patricia dan plebea. Patricia berasal dari kalangan pemilik tanah yang luas atau kelas aristocrat. Sedang plebea adalah mereka yang dianggap warga negara tidak penuh, namun masih memiliki beberapa hak politik dan hak untuk mengumpulkan kekayaan. Orang-orang dari golongan patricia memegang kedudukan dalam lembaga-lembaga politik yaitu konsul, senat, dan Majelis atau Assembly.

Pertahanan dan militer Romawi juga sangat terkenal terutama ketika terlibat perang Punisia. Romawi memiliki tokoh-tokoh yang cukup berpengaruh didunia antara lain Julius Caesar, Tiberius Gracchus, Gayus Gracchus dan masih banyak lagi.

Bangsa Romawi merupakan bangsa dengan tingkat kebudayaan yang cukup tinggi. Sebagai buktinya dapat dilihat dari seni bangunan, seni sastra, ilmu pengetahuan, pemerintahan, militer dan hukum. Salah satu bukti tingginya kebudayaan Romawi dari segi bangunan adalah pantheon. Seni sastra yang terkenal pada masa Romawi adalah Aeneis karya Vergelius dan karya Julius Caesar berjudul De Bello. Dalam bidang ilmu pengetahuan telah ditemukan obat-obatan dan dokter. Dibidang Pemerintahan Romawi sangatlah rapi. Perkembangan karya sastra Romawi mendapat sentuhan dari Yunani tetapi lambat laun menampakkan ciri khas Romawi.

Dalam bidang ilmu pengetahuan bangsa Romawi meneruskan pengetahuan yang berkembang dari zaman Yunani kuno. Bangsa Romawi lebih menekankan pada segi kepraktisan, bukan teori semata. Sumbangan bangsa Romawi adalah bidang kedokteran dan obat-obatan hingga sekarang. Dokter pada jaman Romawi telah berhasil melakukan operasi gondok, amandel, dan batu ginjal. Sampai-sampai hingga sekarang, istilah kedokteran masih menggunakan bahasa latin.


Tata pemerintahan Romawi tersusun rapi yang dijalankan dengan beberapa sendi seperti pemerintahan sentralisasi, ketertiban dan keamanan yang ketat, komunikasi antar pemerintah pusat dengan daerah terjalin baik serta untuk mempertahankan kekuasaan ditempuh dengan siasat divide et impera yang ditiru oleh kebanyakan bangsa jajahan. 

You Might Also Like

0 Comments