Talk abaout Bakti Nusa

11:17 PM

Sebenarnya ini sudah amat-sangat-dan-sangat terlambat kalau saya bercerita tentang Bakti Nusa. Yeah, well, sebenarnya saya mendapatkan manfaat yang luar biasa besar melalui program Beasiswa Aktivis Nusantara ini atau biasa dikenal dengan Bakti Nusa. Karena saya menulis ini tepat sudah satu tahun berlalu dari akad (kontrak/perjanjian) dan sudah menjadi penerima manfaatnya. Saya, termasuk angkatan ke-6. Alhamdulillah, Beasiswa ini bertahan di angka

Tapi, persilahkan saya disini untuk membagi sedikit kenangan yang saya alami. 

1. Persyaratan menjadi PM Bakti Nusa itu berat
Masalah persyaratan akan lebih detailnya bisa cek di beastudiindonesia.net karena akan dijelaskan secara detail dan menyeluruh masalah persyaratan administrasi. Biasanya selalu dibuka di awal tahun. Dan deadlinenya selalu di akhir tanggal di bulan Februari. Jadi kalian, mahasiswa minimal semester 5 yang berada di Universitas seperti UNISRI, UI, UGM, UNPAD, ITB, UNS, UNY, ITS, UNTAN, UNJ bisa kalian persiapkan mulai sejak dini. Syaratnya utamanya adalah Aktivis. Karena nama besar program ini adalah Beasiswa Aktivis Nusantara, tentu dong yang termasuk di dalamnya adalah para aktivis kece kampus masing-masing. Bisa di segala lini keaktivitasan kampus. Mulai dari aktivis dakwah, lingkungan, pergerakan atau keilmiahan. 
Selain itu masalah persyaratan di Bakti Nusa, menurutku agak susah di bagian Proposal Hidup. Yep, kalian bakal menuliskan aktivitas yang akan kalian lakukan dalam 5 tahun kedepan dengan detail dan 10 tahun ke depan sebagai gambaran umum. Agak susah sih, karena kalian harus menceritakan setiap bulannya kalian mau ngapain. Di tiga kolom yang berbeda lagi, yaitu di kolom karir--at least, karir adalah masalah individu--, kemudian di kolom organisasi yang kalian lakukan dan yang terakhir adalah pendidikan kalian. Nah, di tiga kolom ini kalian harus detail menjelaskan selama lima tahun tersebut. 
Silahkan mencoba XOXO 
Kemudian hal-hal administrasi yang lain seperti Transkip Nilai selama 5 SMT, kemudian surat rekomendasi dari pihak-pihak tertentu (minimal 3 orang), CV dan sertifikat bahasa asing yang dimiliki. 
Karena tiap tahun beberapa syarat administrasi selalu berubah-ubah, secara garis besar persyaratannya seperti yang diatas.


2. Fasilitas wow saat kamu menjadi PM Bakti Nusa
Beasiswa ini merupakan investasi pemuda Indonesia yang di masa mendatang. Tentu saja orang-orang terpilih yang akan mengisi kursi-kursi kepemimpinan di masa depan. Begitu. Berat memang. Karena memang hanya aktivis-aktivis kampus terbaiklah yang dihimpun dan diarahkan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. 
Soalnya fasilitas yang akan kamu dapatkan selama menjadi PM Bakti Nusa adalah:
((Tahun Pertama))

1) Future Leader Camp
Semacam orientasi bagi penerima manfaat. Jadi setelah pengumuman, siapa saja yang menjadi aktivis langsung deh diorientasi selama satu minggu penuh. Biasanya isinya mengenai perkenalan program, ketemu sama tokoh-tokoh daerah. Kalau FLC bisa seberuntung pas jaman saya dulu, bisa bertemu sama Pak Gubernur dan Walikota, Kang Emil. Karena tuan rumah untuk FLC tahun 2016 di kota Bandung. 

2) Strategic Leadership Training
SLT semacam tindak lanjut dari FLC. Biasanya diadakan di Bogor mungkin hanya 3 hari. Dan hari terakhirnya yang paling seru. Karena pas angkatan BA6 ngadain rafting di Sukabumi. Kalau setahuku, di tahun 2017 ini naik gunung. 

3) Coaching Aktivis
Para Penerima Manfaat Bakti Nusa ini mempunyai satu manajer regional. Yang akan memantau aktivitas, masalah dan program regional. Hal terkeren menurutku sih, dari program Bakti Nusa adalah ini. Karena kita benar-benar mendapatkan partner curhat yang menyenangkan. Untuk berbicara apapun. Hm, didukung dengan teman-teman regionalku yang ketjeh badai. (Soon=> aku akan mencoba mengenalkan teman Bakti Nusa UNS angkatan 6 kepada kalian semuah)

4. Marching for Boundary
Kalau bisa dijelaskan, persis seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata). Bedanya, MFB ini lebih tertantang. Kalau KKN biasanya satu kelompok 10-15 orang, MFB ini hanya 2 orang dan diberi tugas untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di pulau terluar dari Jawa. Bagaimana? Tertantang?

((Tahun kedua))
Di tahun kedua, tidak banyak sih sebenarnya. Karena menurutku lebih fokus pada program sosial regional. Tapi akan aku persingkat saja, program apa saja yang diberikan oleh pengelola Bakti Nusa ini kepada para Penerima Manfaatnya.

1. Activist Development Program
Kerennya dari program ini adalah kita diberi ruang untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kita untuk mempersiapkan program Pasca Kampus. Yep, karena tujuannya adalah membantu PM untuk meningkatkan nilai TOEFL sebagai syarat masuk ke program S2. Dibimbing di Kampung Inggris, Pare selama satu setengah bulan.

_______________

Aku mau membagikan kenangan yang pernah (sempat *halah) mampir di hidupku.
Ini nih, Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Angkatan 6 Regional Solo. Yup, belum full team, soalnya Sang Presiden BEM yang sedang memegang kamera. 


Dan foto diatas adalah full team kita. Semoga selalu bersama hingga akhir yang indah. 


Cerita selanjutnya nanti, pan kapan aku bagiin :)
Love, Kiss, and Hug


Nabila Chafa





You Might Also Like

0 Comments